Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Anak TK Rumpun Bambu Hutabulu Mejan
Keywords:
metode demonstrasi, motivasi belajar, penyuluh agamaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran penyuluh agama dalam menerapkan metode demonstrasi untuk meningkatkan motivasi belajar anak-anak di Taman Kanak-Kanak (TK) Rumpun Bambu, Desa Hutabulu Mejan, Kabupaten Toba Samosir. Metode demonstrasi dipilih karena dinilai cocok untuk dunia pendidikan anak usia dini, khususnya TK. Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka dengan mengacu pada beberapa artikel jurnal yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode demonstrasi yang diterapkan secara terstruktur dan menarik dapat meningkatkan motivasi belajar anak. Anak-anak menunjukkan peningkatan rasa ingin tahu, antusiasme, dan kemampuan konsentrasi saat pembelajaran berlangsung. Demonstrasi yang dilakukan oleh penyuluh agama mencakup penggunaan alat peraga visual seperti gambar dan praktik langsung yang. melibatkan anak-anak. Penerapan metode ini tidak hanya berhasil memusatkan perhatian anak tetapi juga mendorong mereka untuk lebih aktif dalam proses belajar. Strategi yang digunakan oleh penyuluh agama, bekerja sama dengan guru, antara lain membangkitkan minat belajar melalui berbagai metode pembelajaran, menciptakan suasana kelas yang menyenangkan, memberikan penghargaan atas keberhasilan anak, serta menciptakan persaingan yang sehat di antara anak-anak. Kesimpulannya, metode demonstrasi dapat meningkatkan motivasi belajar anak di TK Rumpun Bambu, membantu mereka memahami materi pembelajaran dengan lebih baik, serta mengembangkan keterampilan sosial, tanggung jawab, dan rasa percaya diri.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Tasya Ivana Hutagalung, Agnes Novianti Hutahaean, Alda Hutasoit, Hesty Sibuea, Darius Epeti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.