Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Anak TK Rumpun Bambu Hutabulu Mejan

Authors

  • Tasya Ivana Hutagalung Prodi Pendidikan Penyuluh Agama, Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
  • Agnes Novianti Hutahaean Prodi Pendidikan Penyuluh Agama, Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
  • Alda Hutasoit Prodi Pendidikan Penyuluh Agama, Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
  • Hesty Sibuea Prodi Pendidikan Penyuluh Agama, Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
  • Darius Epeti Prodi Pendidikan Penyuluh Agama, Institut Agama Kristen Negeri Tarutung

Keywords:

metode demonstrasi, motivasi belajar, penyuluh agama

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran penyuluh agama dalam menerapkan metode demonstrasi untuk meningkatkan motivasi belajar anak-anak di Taman Kanak-Kanak (TK) Rumpun Bambu, Desa Hutabulu Mejan, Kabupaten Toba Samosir. Metode demonstrasi dipilih karena dinilai cocok untuk dunia pendidikan anak usia dini, khususnya TK. Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka dengan mengacu pada beberapa artikel jurnal yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode demonstrasi yang diterapkan secara terstruktur dan menarik dapat meningkatkan motivasi belajar anak. Anak-anak menunjukkan peningkatan rasa ingin tahu, antusiasme, dan kemampuan konsentrasi saat pembelajaran berlangsung. Demonstrasi yang dilakukan oleh penyuluh agama mencakup penggunaan alat peraga visual seperti gambar dan praktik langsung yang. melibatkan anak-anak. Penerapan metode ini tidak hanya berhasil memusatkan perhatian anak tetapi juga mendorong mereka untuk lebih aktif dalam proses belajar. Strategi yang digunakan oleh penyuluh agama, bekerja sama dengan guru, antara lain membangkitkan minat belajar melalui berbagai metode pembelajaran, menciptakan suasana kelas yang menyenangkan, memberikan penghargaan atas keberhasilan anak, serta menciptakan persaingan yang sehat di antara anak-anak. Kesimpulannya, metode demonstrasi dapat meningkatkan motivasi belajar anak di TK Rumpun Bambu, membantu mereka memahami materi pembelajaran dengan lebih baik, serta mengembangkan keterampilan sosial, tanggung jawab, dan rasa percaya diri.

Downloads

Published

30-12-2024

How to Cite

Hutagalung, T. I., Hutahaean, A. N., Hutasoit, A., Sibuea, H., & Epeti, D. (2024). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Anak TK Rumpun Bambu Hutabulu Mejan. Jurnal PKM Devotio, 1(2), 96–108. Retrieved from http://pkmdevotio.iakntarutung.ac.id/index.php/devotio/article/view/11

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.