Pendirian Kelompok Belajar Gratis Oleh Mahasiswa Pendidikan Penyuluh Agama Untuk Meningkatkan Akademik Anak Di Lingkungan 3 Kelurahan Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah
Keywords:
pendidikan anak, prestasi akademik, kelompok belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendirian kelompok belajar gratis yang dilakukan oleh mahasiswa Pendidikan Penyuluh Agama dalam upaya meningkatkan prestasi akademik anak di tiga kelurahan di Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inisiatif mahasiswa dalam mendirikan kelompok belajar gratis memberikan akses pendidikan tambahan yang efektif bagi anak-anak, khususnya yang berasal dari keluarga kurang mampu. Melalui bimbingan belajar yang terintegrasi dengan nilai-nilai agama, kelompok belajar ini tidak hanya meningkatkan kemampuan akademik tetapi juga membentuk karakter anak secara holistik. Pendekatan yang digunakan oleh mahasiswa penyuluh agama mampu membangun motivasi belajar dan kedisiplinan anak sehingga berdampak positif pada peningkatan prestasi akademik mereka. Penelitian ini menegaskan pentingnya peran aktif mahasiswa penyuluh agama dalam mendukung pendidikan masyarakat melalui program belajar gratis.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Tiur Imeldawati, Mutiara Agustina Aritonang, Sania Pasaribu, Ester Claudya Sitinjak, Presman Anju Pinayungan, Maria Anjelina Simanjuntak

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.